Jumat, 22 Agustus 2014

Proposal Kewirausahaan Jagung Bakar



BAB I
RINGKASAN EKSEKUTIF

A.      Latar Belakang
Usaha yang ingin saya lakukan ialah usaha di bidang makanan. Makanan yang saya pilih di sini adalah jagung bakar. Jagung bakar di sini ada berbagai macam rasa diantaranya jagung bakar manis, jagung bakar manis istimewa, jagung bakar santan, dan jagung bakar pedas. Di sini saya akan mendirikan sebuah tempat untuk berjualan jagung bakar dan sekalian untuk tempat nongkrong anak-anak muda dan semua kalangan. Karena di sini tidak ada pembatasan usia baik yang muda maupun yang tua bisa membeli jagung bakar ini.

B.       Tujuan
1.      Tujuan Pendirian usaha
Usaha ini saya dirikan agar para konsumen dapat membeli jagung bakar dengan rasa yang mereka inginkan. Selain itu  dengan adanya usaha  jagung bakar ini menjadi peluang bagi saya untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam bidang berbisnis, agar meraih keuntungan yang besar dan juga mampu membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.
2.      Tujuan Pembuatan proposal
Proposal yang saya buat ini bertujuan untuk :
1.      Sebagai tugas mata kuliah Kewirausahaan
2.      Untuk menambah pengetahuan dalam merencanakan pendirian suatu usaha.

C.      Sasaran
Dalam usaha ini sasaran yang saya tujuan adalah semua kalangan yaitu mulai dari anak-anak, para mahasiswa maupun kalangan orang tua.

D.      Nama Usaha
Saya mendirikan usaha ini dengan nama “JAGUNG BAKAR ALA RISKI” .

E.       Visi dan Misi Usaha
1.      Visi
Menjadi Usaha jagung bakar yang terbaik dengan pelayanan dan kualitas  rasa yang memuaskan pelanggan.
2.      Misi
a.       Meningkatkan kualitas rasa
b.      Meningkatkan kualitas pelayanan yang ramah, tepat, dan bermutu

F.       Tempat Usaha
Usaha ini saya dirikan di Jl. Gatot Subroto IV Banjarmasin.

G.      Waktu Operasional
Usaha Jagung Bakar ini buka mulai dari pukul 16.00 s/d 21.00 WIB.
BAB II
KONSEP BISNIS

A.      Situasi Persaingan
Banyak pesaing yang berjualan jagung bakar membuat saya mengatur strategi secara berhati-hati agar para konsumen tertarik membeli jagung bakar ala Riski ini. Dengan situasi pesaing yang cukup banykan ini, saya harus berpandai-pandai dalam menarik hati para konsumen dan tetap terus menjaga rasa jagung bakar ini enak dilidah para konsumen.

B.       Sasaran
Dalam usaha ini sasaran yang saya tuju adalah semua lapisan masyarakat yang menyukai jagung bakar.

C.      Promosi Penjualan
Agar usaha jagung bakar ini dapat berjalan lancar saya melakukan promosi dengan cara:
1.      Membuat pamflet atau selebaran-selebaran terutama di kampus-kampus.
2.      Membuat papan nama di tempat penjualan tersebut.
3.      Membuat baliho-baliho yang dipasang besar dan dengan warna yang cerah.



D.    Analisis SWOT dalam perkembangan usaha
Ø  Strenght (kekuatan):
1.      Harganya yang terjangkau.
2.      Mempertahankan cita rasa dari jagung bakar.
3.      Tersedianya macam rasa yang bisa dipilih konsumen.
4.      Pelayanan yang baik.
Ø  Opportunity (Peluang):
1.      Pesaing yang banyak akan membuat usaha jagung bakar saya tampil beda dari para penjual jagung bakar lainnya.
2.      Mempunyai relasi yang baik antara penjual jagung dan penyetor jagung
3.      Tempat yang strategi dan bisa dijadikan tempat nongkrong para anak muda.
Ø  Weakness (kelemahan):
1.      Karena memasak jagung bakar membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga konsumen agak bosan menunggunya.
2.      Keterbatasan modal untuk membuka cabang lain.
3.      Tidak dapat memenuhi pesanan dalam jumlah banyak, karena produk dibuat dalam jumlah terbatas dan waktu yang cukup lama.
Ø  Threat (Ancaman):
1.      Ada sebagian jagung yang busuk yang dibeli di petani jagung, yang mengakibatkan kerugian.
2.      Banyaknya para penjual jagung bakar lainnya yang bersaing untuk menarik hati para konsumen.
3.      Apabila tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan maka akan mempengaruhi terhadap kepuasan konsumen.
4.      Apabila tingkat motivasi karyawan rendah maka akan mempengaruhi jumlah produksi.


BAB III
RENCANA PEMASARAN

A.    Rencana pemasaran
1.      Produk
Menu yang ditampilkan pada penjualan ini yaitu “Jagung Bakar ala Riski”.
Ø  Jagung Bakar :
·         Jagung bakar manis
·         Jagung bakar manis istimewa
·         Jagung bakar santan
·         Jagung bakar pedas
Ø  Minuman
·         Es teh/ Anget
·         Es jeruk/ Anget
·         Lemon tea
·         Jus (aneka rasa)
2.      Harga
Harga yang ditawarkan Rp. 6.000/jagung

B.     Rencana keuntungan
1.      Modal awal                                       : Rp. 2.000.000,00
2.      Penjualan                                          : Rp.    6.000,00
3.      Pengeluaran
Ø  Modal Alat :
·         Gerobak                                           : Rp.1.000.000,00
·         Pemanganggan jagung 2 buah         : Rp.   160.000,00
·         Plastik                                              : Rp.     50.000,00
·         Tempat bumbu-bumbu                     : Rp.     50.000,00
·         Lain-lainnya                                     : Rp    100.000,00+
Jumlah                                            : Rp. 1.360.000,00
Ø  Modal Perminggu:
·         Jagung  2 karung (200 biji)              : Rp. 300.000,00
·         Arang                                               : Rp. 100.000,00
·         Bumbu-bumbu                                 : Rp. 100.000,00
·         Blue Band                                        : Rp. 100.000,00
·         Gaji 2 orang pegawai                       : Rp. 300.000,00+
Jumlah                                            : Rp 900.000,00
Total modal : Rp. 1.360.000,00 + Rp 900.000,00 =      Rp. 2.260.000,00

v  Estimasi Keuntungan :
Jumlah rata-rata pembelian perminggu adalah 200 biji jagung
Nilai jual perjagung                 = Rp.6.000,00
Rp 6.000,00 x 200                  = Rp. 1.200.000,00

Jadi pendapatan kotor perminggu adalah Rp. 1.200.000,00

Pendapatan bersih perminggu : pendapatn kotor – modal perminggu
Pendapatan bersih perminggu :             Rp. 1.200.000,00 – Rp. 900.000,00
  = Rp. 300.000,00
Pendapatan bersih perbulan Rp 300.000,00 x 4 minggu = Rp 1.200.000,00
Jadi, dalam waktu 1,5 bulan modal awal sudah bisa dikembalikan dan sisanya itu adalah keuntungannya.

C.    Dana
1.      Jumlah dana yang diperlukan Rp. 2.260.000,00
2.      Dana pinjaman Rp. 260.000,00
3.      Dana uang tunaiRp. 2.000.000,00

D.    Analisis barang dan jasa
1.      Diskriptif
Usaha ini berawal dari ketertarikan saya yang sangat suka memakan jagung bakar, sehingga membuat saya berpikir untuk mendirikan usaha ini.
2.      Aspek pemasaran
Karena usaha yang saya dirikan ini tempat stategis  dan juga disukai oleh lapisan masyarakat.
3.      Analisis lingkungan internal
Usaha saya ini dibantu oleh teman saya sendiri, sehingga memudahkan saya untuk usaha ini.
4.      Analisi lingkungan eksternal
Untuk usaha ini karena belum ada yang menjalan di daerah ini sehingga meningkatnya permintaan konsumen
5.      Aspek keuangan
Modal sendiri Rp. 2.000.000,00
Modal alat seluruhnya Rp.1.360.000,00
Modal bahan seluruhnya Rp.900.000,00


BAB IV
PROYEKSI KEUANGAN

A.    Modal
1.      Modal sendiri Rp. 2.000.000,00
2.      Modal pinjaman Rp. 260.000,00

B.     Pendapatan
Penjualan perminggu Rp.1.200.000,00

C.    Biaya
1.      Biaya tetap Rp. 900.000,00
2.      Biaya variable Rp. 1.000.000,00


BAB V
PENUTUP

Simpulan
Menurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun  banyak pesaing yang menjual jagung bakar ini tetapi saya sangat optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini dapat berjalan lancar untuk melaksanakan usaha ini dengan tidak pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat. Saya juga berkeyakinan, untuk dapat mengatasi segala rintangan yang saya hadapi. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya. Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola usaha ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan, saya tidak akan main-main dalam usaha ini.
Demikin proposal ini saya buat sebagai pegangan dalam pengelolaan usaha, dan tolak ukur keberhasilan usaha. Semoga  usaha jagung bakar  yang  saya dirikan ini dapat berjalan sukses.

5 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus