Rabu, 27 November 2013

RPP AL-QUR'AN HADIS KELAS III


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

NAMA SEKOLAH               : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pelayhari
MATA PELAJARAN           : Al-Qur’an dan Hadis
KELAS/ SMESTER              : III/ 2
PEREMUAN KE                   : 15
ALOKASI WAKTU              : 1X 15 Menit
STANDAR KOMPETENSI : Memahami arti surah-surah pendek
KOMPETENSI DASAR       :
·         Mengartikan surah Al-ikhlas
·         Menerapkan kandungan surah Al-ikhlas
INDIKATOR :
Ø  Dapat melafalkan bacaan Surah Al-Ikhlas
Ø  Dapat mengartikan Surah Al-Ikhlas
Ø  Dapat menjelaskan kandungan Surah Al-ikhlas
I.         Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat melafalkan bacaan surah Al-ikhlas dengan baik dan benar.
§  Siswa dapat mengartikan surah Al-ikhlas dengan benar.
§  Siswa dapat menjelaskan kembali kandungan surah Al-ikhlas dengan benar.
II.      Karakter  siswa yang diharapkan :
-          Religius
-          Ketakwaan
-          Rasa hormat dan Perhatian ( respect )
-          Tanggung jawab ( responsibility )
-          Kecintaan ( Lovely)
-          Kemanusiaan ( Humanity )
III.   Materi Pembelajaran
Surah Al-Ikhlas
A.    Rounded Rectangle: ö@è% uqèd ª!$# î‰ymr& ÇÊÈ   ª!$# ߉yJ¢Á9$# ÇËÈ   öNs9 ô$Î#tƒ öNs9ur ô‰s9qムÇÌÈ   öNs9ur `ä3tƒ ¼ã&©! #•qàÿà2 7‰ymr& ÇÍÈ

Membaca Surah Al-ikhlas






B.     Terjemah Surah Al-ikhlas
1.      Katakanlah (Muhammad): “Dialah Allah Yang Maha Esa.”
2.      Allah adalah tempat meminta segala sesutau.
3.      Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakan.
4.      Dan tidak seorang pun yang satara dengan-Nya.
C.    Melafalkan setiap kata Surah Al-ikhlas
1.@è%- uqèd- ª!$# -îymr& 
2. ª!$#- ßyJ¢Á9$#
3. öNs9 -ô$Î#tƒ -öNs9ur -ôs9qãƒ
4.وَ- öNs9- `ä3tƒ ã&©! -#·qàÿà2- 7ymr&
D.    Pokok kandungan Surah Al-ikhlas
Surah Al-ikhlas terdiri dari 4 ayat, diturunkan di Mekah sesudah surah An-Nas. Al-ikhlas artinya kemurnian keesaan Allah. Surah Al-ikhlas tergolong surah Makkiyah karena turun setelah Nabi Muhammad saw. berhijrah kemadinah. Surah Al-ikhlas merupakan surah ke-112 dari 114 surah yang ada di dalam Al-Qur’an.
Dinamakan surah Al-ikhlas karena surah ini sepenuhnya menegaskan bahwa Allah SWT itu tunggal, tidak ada bandingannya, dan menolak segala macam kemusyrikan.
Text Box: Tempat memintaAllah SWT adalah Tuhan yang Mahahebat, yang tidak ada tandingannya. Tiada satu makhluk pun yang bisa menyamai Allah. Kalau kita menginginkan sesuatu, maka mintalah kepada Allah, karena Dia adalah Tuhan kita, Dia tidak mempunyai ibu dan bapak dan tidak pula mempunyai anak. Dia berdiri sendiri dan berbeda dengan segala ciptaan-Nya.



 









IV.   Metode dan Strategi Pembelajaran
-       Ceramah
-       Diskusi
-       Tanya jawab
-       Penugasan
-       Reading Aloud
-       Index Card Match
V.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·      Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah.
·      Cek kehadiran siswa
·      Apersepsi, guru mengulas sedikit tentang Surah Al-Ikhlas
·      Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
a.       Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan.
b.      Guru meminta siswa secara berkelompok bergantian membaca  Surah Al-Ikhlas.
c.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi.
Ø  Elaborasi
a.    Guru membagi kartu yang berisi ayat Al-ikhlas dan kartu lain yang berisi arti surah Al-Ikhlas kepada setiap siswa.
b.    siswa  diminta bergerak mencari pasangannya yg cocok.
c.    siswa yang mendapat kartu ayat Al-ikhlas mencari artinya dan yang mendapat kartu arti mencari kartu ayat Al-ikhlas.
d.   Setelah bertemu pasangannya masing-masing, setiap siswa berdiri  berdampingan dengan pasangannya dan membacakan isi kartu tersebut
e.    Guru mengklarifikasi siswa yang keliru memilih jodoh kartu.
Ø  Konfirmasi
a.    Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
b.    Dengan bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
c.    Guru melakukan Tanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
3.      Kegiatan penutup
·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar yang telah dipelajari.
·         Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan.
·         Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam.
VI.   Alat/ Sumber Belajar
1.      Buku Bina Belajar Al-Qur’an dan Hadis untuk Madrasa Ibtidaiyah kelas III, penerbit Erlangga PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.
2.       Al-Qur’an dan Terjemahnya
VIII. Penilaian
Bentuk Penilaian         :        Benar Salah dan Pilihan Ganda

Lembar Kerja Siswa
Benar Salah
1.      B-S Dalam surah Al-Ikhlas terdiri atas 5 ayat.
2.      B-S Surah Al-Ikhlas termasuk golongan surah Makkiyah.
Pilihan ganda
1.      Al-Ikhlas artinya adalah. . . .
a.       Karena Allah                       c. Kekuasaan Allah
b.      kasih sayang Allah              d. kemurnian keesaan Allah
2.      Di antara kandungan surah Al-ikhlas menegaskan bahwa Allah itu. . . . .
a.       Tidak beranak                       c. beribu
b.      Beranak                                d. berbapak

Kunci jawaban
Benar Salah     : 1. S, 2. B
Pilihan ganda   : 1. d, 2. a


Banjarmsin, 8 maret 2013

Mengetahui,
Supervisor    
Mahasiswa PP1
Rusdiana Husaini
Siti Nur Halimah
NIM: 1001290901

Tidak ada komentar:

Posting Komentar